Monday, October 26, 2009

Apalah arti sebuah nama ?

Sebelum membaca tulisan ini, ada aturan yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Bila tidak sebaiknya tidak melanjutkan untuk dibaca.
Dilarang tersenyum , berusaha tersenyum apalagi tertawa saat dan setelah membaca tulisan berikut.


Hari ini, selain melanjutkan pertarungan di mafia war- sebuah aplikasi game dari Facebook – ada sebuah misi khusus yang harus saya selesaikan. Mencari arti nama. What’s ….

Mencari arti nama gue ….Mencari arti dari nama ALVIANTO TANDIARRANG
Ha ha ha ha. Kalian boleh percaya atau tidak ,tapi apa mau dikata. Seandainya calon pengujiku tidak akan bertanya itu, tidak akan pernah saya akan merepotkan diri mencari arti nama sendiri. Hampir semua yang ujian skripsi dengan beliau pasti akan memperoleh pertanyaan pertama –apa arti nama kamu ?

Apalah arti sebuah nama ? Kalau dalam bahasa Inggris "What does a name mean ?" Mungkin warisan dari Shakespeare itu yang menjadi pegangan saya untuk tidak perlu mencari tahu apa arti nama sendiri. Meski di kalangan sebagai orang Indonesia, nama menjadi satu bagian yang sacral dari identitas kita. Bahkan , hanya untuk sebuah nama , sebuah hajatan diadakan. Hikz hikz hikz. Jadi sedih, karena sudah pasti dulu , saat mencomot sebuah nama untuk menjadi namaku sudah pasti tidak ada acara pesta-pestaan atau semacamnya. Wong sampai saat ini saja, arti nama itu masih belum jelas buat saya.
Dari om google , saya kemudian googling ke beberapa situs, dari baby name sampai yang mirip-mirip dengan namaku seperti Alvin atau alvino atau alvian. Jadi penasaran apa arti nama Alvin yang dicomot sama Alvin and the chipmunk yang nyanyi lagu BAD DAY.
Awalnya pengen cari nama orang kudus yang mungkin sama atau mirip dengan namaku tapi ternyata gak ada yang mirip atau mirip. Entah kalau ada yang kelewat. Trus, cari di situs baby name, sayang belum ketemu.
Seorang kerabat yang menurut cerita ada pemberi nama mengatakan waktu itu pemberian nama cuma kerena namanya yang keren (sekeren orangnya sekarang). Gak ada arti apa-apa. Hikz hikz hikz. Trus, coba-coba merangkai kepanjangannya Anak pertama yang lahir via tandiarrang. Gubrakkkkk. Dari mana dapatnya coba ….
Teman-teman yang memanggilku sebagai anto mungkin punya penjelasan sebagai nama panggilan. Kalau ditanya tentang nama Anto, jawabannya Anto itu pendekan dari kata Anak Toraja, secara saya adalah anak Toraja asli. Wakakak.
Kembali ke arti nama … apa iya , nama yang saya pakai dari 20 an tahun yang lalu hingga saat ini dan tak akan terganti bahkan jauh setelah jasad asli saya sudah tidak ada tidak mempunyai arti ? Mam, could you help me expain this …?
Anyway, yang punya nama Alvianto, ada yang bisa jelaskan apa artinya gak ? Mungkin saja cocok, jadi bisa saya pakai juga buat penjelasan kalau ada yang nanya. Atau mungkin saja kita bikin grup seperti di facebook yang anggotanya cuma orang-orang yang namanya punya unsure Alvianto.[mode genius:on]
Ada yang mau comment ? Mau pasang link ke blognya (asal ada link baliknya) ? Mau ngasih arti nama saya ? semuanya disilahkan ….
http://Kumpulblogger.com/signup.php?refid=11792



No comments: