Wednesday, October 7, 2009

Informasi online dan kerahasiaan identitas pasien






Dari sebuah tulisan mengenai hasil dari suatu survey sekolah-sekolah kedokteran menyebutkan bahwa tidak jarang mahasiswa kedokteran memasang informasi yang tidak professional dan bahkan illegal di situs jejaring sosial seperti Facebook dan situs-situs penyimpanan media seperti Youtube.
Peraturan melarang penyedia layanan kesehatan untuk menyingkap informasi kesehatan pasien kecuali jika pasien memberikan persetujuan. Namun dari penelitian Katherine C. Chretien,MD dari Washington VA Medical Center, menyebutkan bahwa tulisan-tulisan di internet yang ditulis oleh mahasiswa kedokteran dan residen seringkali memasukkan deskripsi dari situasi kesehatan yang dapat mengidentifikasi seorang pasien meskipun nama pasien tidak dicantumkan. Lebih lanjut, tidak mencantumkan nama pasien dalam tulisan yang dimuat tidak cukup.
Lindsay Acheson Tompson, seorang professor bagian pediatric di University of Florida, menyebutkan bahwa nilai dari situs-situs jejaring sosial seperti Facebook murni untuk menjaga hubungan dengan teman-teman sekelas sebelumnya, teman-teman yang jauh, dan keluarga. Tidak ada keraguan bahwa pelanggaran terhadap kerahasiaan pasien lebih sering terjadi dari yang pasien sadari, namun tulisan yang secara personal memalukan dan secara potensial dapat merusak karir muncul lebih sering.

Sumber :
Med Students Put Unprofessional Info Online. http://www.webmd.com/news


No comments: