Sunday, March 29, 2009

KMK activity

Kemarin, 28 Maret diadakan komunitas basis aka KOMBAS session 3, sayangnya jumlah yang hadir tidak sebanyak kegiatan sebelumnya. What happen ?
Tema kali ini adalah DOSA dan KESELAMATAN. Siapa yang tidak pernah berdosa ? atau siapa yang tidak menginginkan keselamatan ?


Kasus yang diangkat untuk dibahas berhubungan dengan dunia kedokteran

Kasus

Kamu diposisikan sebagai seorang dokter yang menangani seorang pasien yang sedang hamil dengan usia kandungan 3 bulan. pasien ini selain mengandung, juga didiagnosis dengan kanker. Sementara , pasien masih memiliki 3 orang anak dan suami yang mesti dia perhatikan.
Hanya ada satu yang mampu diselamatkan, antara si ibu dengan calon bayinya.
Apa yang harus kita lakukan ?


Aborsi seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, merupakan tindakan ilegal baik secara hukum, etika kedokteran, dan agama (katolik). Dalam dunia kedokteran, aborsi hanya dilakukan sesuai dengan indikasinya yang disebut abortus provocatus medicinalis.
Pada kasus di atas , kita diperhadapkan pada beberapa kenyataan yang seperti peribahasa buah simalakama. Harus ada yang menjadi korban.
Dari hasil diskusi, pada intinya seorang dokter harus berangkat niat yang baik - menyelamatkan baik ibu dan anak -. Saat sang dokter sudah memiliki niat saya harus mengabortuskan janin agar si ibu selamat, maka berbeda dengan saat ia berpikir saya akan berusaha menyelamatkan keduanya, entah bila akhirnya salah satunya menjadi korban.
(to be continued ....)







[get this widget]

No comments: