Tuesday, May 12, 2009

Review : Sebelas Menit


Judul : Sebelas Menit
Pengarang : Paul Coelho
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah hal : 360

Buku ini bercerita tentang perjalanan hidup seorang gadis Brazil bernama Maria yang sedang berlibur di pantai dan ditemukan oleh seorang Swiss yang kemudian menawarinya pekerjaan sebagai penari di klubnya di Swiss. Maria yang antusias dengan penawaran itu, akhirnya menyetujuinya dan berangkat bersama sang agen ke Swiss. Di Swiss ternyata, kenyataan yang dialami Maria berbeda dengan kontrak yang telah ditawarkan kepadanya dan akhirnya ia keluar dari pekerjaannya. Ia pun menjadi seorang pengangguran di negara yang sama sekali tidak dikenalnya.
Pada suatu kesempatan , ia dipertemukan seorang arab yang memperkenalkannya kepada dunia prostitusi. Orang Arab itu memberikan seribu franc sebagai imbalan untuk 11 menit bersamanya.
Maria kemudian bergabung dengan sebuah klab malam tempat dia menunggu "klien-klien" yang akan menggunakan dirinya. Ia pun mulai belajar berbahasa setempat, berkenalan dengan seorang petugas perpustakaan yang ternyata juga menyimpan rahasia. Ia menjadi seorang tunawisma yang disegani. Hingga suatu hari, beberapa bulan setelah menjadi tunawisma, ia berkenalan dengan seorang pelukis yang mengenalkannya pada makna cinta yang sudah terlupakan.

Novel ini merupakan novel karangan Paul Coelho kedua yang saya baca. Temanya berbeda dengan novel berjudul Sang Alkemis atau The Alchemist. Novel ini lebih menggambarkan keegoisan pengarang mengenai pemikirannya.
Novel ini menggambarkan sisi lain dari seorang tunawisma. Meskipun tidak dapat digeneralisasikan kepada semua tunawisma.


















[get this widget]

No comments: