Wednesday, April 29, 2009

Data dan pertanyaan tentang Flu Babi


Oleh Daniel J. Noon
WebMD Health News
Reviewed by Louise Chang, MD
Diterjemahkan bebas dari webMD Health News by Attonk

Virus flu babi di Amerika Serikat merupakan bentuk yang sama dengan penyebab epidemi yang mematikan di Meksiko. Apa itu flu babi ? Apa yang dapat kita lakukan ? WebMD menjawab pertanyaan anda.

Apa itu Flu Babi ?

Seperti manusia , babi dapat terinfeksi flu. Empat strain flu babi tipe A yang berbeda secara umum menyebar pada kawanan babi. Kebanyakan virus-virus flu babi yang baru merupakan subtype H1N1 dan H3N2. Babi secara khas dapat sakit tetapi biasanya tidak mati akibat flu babi.
Virus flu babi yang baru menginfeksi manusia sangat tidak lazim. Hal ini entah bagaimana gen-gen yang diperoleh dari babi, burung dan binatang-binatang penyebar flu pada manusia. Dan juga diperlukan gen-gen dari virus flu babi Eurasia yang diperkirakan tidak ada di Amerika bagian Utara.

Apakah Manusia dapat terjangkit Flu Babi ?

Pada keadaan normal, binatang penyebab flu babi tidak dapat menginfeksi manusia. Dalam sejarah, didapatkan suatu kasus setiap satu atau dua tahun di Amerika Serikat pada manusia yang bersentuhan dengan babi hidup.
Namun sejak Desember 2005 hingga Januari 2009 didapatkan suatu tanda peningkatan kasus flu babi. Ditemukan 12 infeksi flu babi pada manusia dalam masa itu. 11 dari orang ini secara langsung atau tidak bersentuhan dengan babi ; pada kasus ke12, tidak diketahui apakah ada riwayat sentuhan dengan babi.
Tanda peningkatan kasus ini mungin dikarenakan oleh perbaikan system pelaporan, tetapi CDC menyatakan “ perubahan genetic pada virus-virus flu babi dan factor-faktor lain mungkin menjadi satu factor.”
Virus flu burung yang baru berbeda. Hal ini belum jelas bahwa di sini mereka tinggal. Tetapi virus menginfeksi manusia, dan petugas kesehatan dunia menutup mata untuk masalah tersebut.

Apa gejala dari Flu Babi ?

Gejala-gejala flu babi mirip dengan gejala-gejala flu umum dan berupa batuk, nyeri tenggorokan, demam, menggigil, sakit kepala, dan lemas. Beberapa pasien juga dilaporkan mual dan diare. Tidak mudah untuk membedakan flu babi dengan tipe-tipe lain dari flu atau kuman lain. Hal ini memerlukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan adanya flu babi.

Dapatkah flu babi menular antar manusia ?

Penduduk Amerika Serikat yang terinfeksi virus flu babi tidak bersentuhan langsung dengan babi. CDC mengungkapkan bahwa kemungkinan infeksi memberikan gambaran siklus infeksi secara meluas terpisah antara manusia dengan manusia.

Apakah sebelumnya pernah flu babi merebak luas ?

Jika flu babi terdengar lazim, hal ini mungkin karena anda mengingat atau pernah mendengar mengenai penjangkitan flu babi pada tahun 1976 di Fort Dix, N.J. pada perekrutan anggota militer. Setidaknya sekitar sebulan dan kemudian menghilang secara misterius sama halnya dengan saat kemunculan. Sebanyak 240 orang terinfeksi ; satu orang meninggal.
Flu babi yang berkembang di Fort Dix merupakan strain H1N1. Virus ini merupakan strain flu yang sama yang menyebabkan pandemic flu yang menyebabkan malapetaka pada 1918 hingga 1919, yang menyebabkan 10 tiap sejuta orang meninggal.
Keprihatinan mengenai pandemi baru H1N1kembali pada musim dingin yang berlanjut paada suatu program besar-besaran untuk menciptakan suatu vaksin dan vaksinasi semua warga Amerika melawan flu babi. Program vaksin mengalami banyak kendala – tidak ssesedikit yang dipersepsikan orang bahwa vaksin menyebabkan tingkat berlebihan reaksi yang berbahaya. Setelah lebih dari 40 juta orang yang divaksinasi, usaha in ditinggalkan.
Sebagai hasil, tidak ada epidemic flu babi.












[get this widget]

No comments: