Thursday, December 4, 2008

Musik menyenangkan dapat membantu jantung


Musik yang membangkitkan rasa senang meningkatkan fungsi pembuluh darah
oleh Daniel J DeNoon
Web MD health news
13 Nov 2008 – para peneliti menemukan bahwa musik yang menyenangkan dapat membantu jantung anda.
Penelitian ini dikemukakan oleh Michael Miller,MD, direktur kardiologi preventive di University of Maryland. Miller melaporkan penemuannya minggu ini dalam pertemuan tahunan American Heart Association di New Orleans.

10 relawan mengidentifikasi musik khas yang membuat mereka merasa senang. Sementara musik dimainkan , Miller dan rekan-rekannua menggunakan alat ultrasound untuk mengukur seberapa baik respon pembuluh darah tiap orang pada suatu kejadian peningkatan aliran darah yang tiba-tiba ( disebabkan oleh peningkatan aliran tekanan darah)
Ketika mendengar musik menyenangkan , pembuluh darah para relawan berdilatasi sekitar 26% - suatu respon yang menyehatkan. Hal ini sama dengan magnitudo terhadap respon yang ditemukan setelah senam aerobik.
Tertawa juga meningkatkan aliran darah. Setelah mendengarkan suatu komedi, pembuluh darah para relawan berdilatasi sekitar 19%. hal in isama dengan efek tertawa yang ditemukan pada penelitian awal, dimana para relawan diobservasi melalui film kingpin.
Tetapi, musik memiliki efek buruk,juga. Mendengarkan musik yang membuat para relawan merasa cemas menyempitkan pembuluh darah sekitar 6 %.
“Hasil ini dimana musik diperdengarkan karena mereka menstimulasi siasat preventife lain yang kami dapat berinkorporasi dalam kehidupan kita sehari-hari untuk membantu kesehatan jantung kita,”kata Miller dalam rilis berita.
Musik country membuat kebanyakan relawan merasa senang. Musik heavy metal membuat kebanyakan dari mereka merasa gelisah. Tetapi Miller mengatakan masalahnya bukan jenis musik, tetapi respon emosional individu terhadap musik itu.
Miller mengatakan bahwa pada 10 individu yang berbeda mungkin ditemukan tipe-tipe musik yang berbeda yang membuat mereka merasa senang – dan menyehatkan jantung.
Donatur dari penelitian ini bersumber dari American Heart Association , the Veterans Administration, dan National Institutes of Health.
http://uploads.bizhat.com/signup.php?ref=attonk
http://klikrupiah.com/register.php?r=attonk

No comments: