Monday, October 27, 2008

Hari Blogger Nasional

Wah, gak kerasa setahun sudah ditetapkannya hari ini 27 Oktober menjadi Hari Blogger Nasional. Kalau tadi gak sempat mendengarkan perbincangan di TvOne mengenai Hari Blogger Nasional, pasti sudah kelewatan hari yang menjadi harinya Blogger-blogger Indonesia.
Sekitar 2 tahun lebih sudah menjadi blogger, awalnya hanya iseng-iseng apa sich ngeblog itu, kemudian browsing-browsing blog lain yang sudah lebih dulu alias blog-blog senior dan akhirnya memulai blog sendiri yang meskipun sudah 2 tahun lebih masih awut-awutan. Pada dasarnya, tidak ada senior junior dalam blogger. Yang ada hanyalah siapa yang lebih dulu dan siapa yang ada di belakangnya. Buktinya banyak blogger-blogger baru yang lebih aktif dalam dunia blog.

Boleh dikata, 2 tahun menjadi blogger, banyak hal-hal yang menguntungkan alias bonafit yang bisa saya rasakan misalnya kadang-kadang tahu lebih dulu berita dibandingkan yang lain atau malah tidak diketahui oleh orang lain. Singkatnya menambah wawasan. Selain itu, bisa ngedownload bahan-bahan kuliah, musik, berita, dan info-info lain yang bermanfaat, bertemu dengan sesama blogger yang memiliki hobby yang sama, bersilaturahmi dengan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu, membaca opini orang lain mengenai suatu topik. Dan yang lebih pentingnya, menambah kepercayaan diri. Sebagai orang dari sedikit orang yang memiliki kecenderungan untuk menjadi seorang yang sedikit banyak tertutup, media blog menjadi sarana peningkatan kepercayaan diri, aktualisasi diri, dan menjadi media sosialisasi yang efektif. Satu lagi, sekarang ini blog menjadi sarana menjari recehan di dunia maya. Pokoknya banyak keuntungan yang dapat diberikan oleh media blog.
Meskipun demikian, kadang-kadang pula blog atau internet tidak lepas dari segi positif negatifnya. Salah satu yang paling menonjol adalah penyebaran pornografi di internet melalui blog. Sekarang mungkin sudah lebih tertekan dibandingkan dengan awal-awal menjadi blogger karena adanya UU mengenai teknologi informasi dan transaksi elektronik bulan April yang lalu. Selain itu , mungkin seperti blog saya yang masih sembrawut, info-info yang ada di blog masih tertata kurang baik. Belum ada pengelompokan yang benar-benar memudahkan dalam pencarian info. Mungkin seperti dalam perbincangan yang saya dengar tadi pagi itu, diperlukan kode etik dalam dunia perbloggeran. Ada tata etika dalam menulis, mengupoad dan aktivitas lain di dunia blogger.
Kesulitan yang lain mungkin, adalah dari segi teknis dimana biaya warnet saat ini masih lumayan gede. Umumnya dalam kisaran 2000-3000 rupiah perjamnya. Di daerah saya di toraja, bahkan karena warnet sangat kurang maka kisaran perjamnya menjadi 10.000 rupiah lebih. Selain itu, menjamurnya warnet masih di tempat-tempat tertentu. Mau pasang internet di rumah, biayanya sangat mahal. Belum menjangkau dompet saya yang masih mahasiswa.
Lepas dari untung rugi di atas, memaknai hari ini. Saya baru mendengar bahwa 22 November mendatang akan diadakan pesta blogger 2 yang tentunya lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu. Sayang, saya hanya menjadi pelaku pasif dalam pesta ini. Menjadi pembaca posting-postingan mengenai pesta blogger nanti.
2 tahun menjadi blogger, saya masih merasa sebagai pemula. Masih banyak yang tidak saya ketahui. Tapi setidaknya melalui media ini, semakin banyak ide-ide yang tertampung. Sebagai sesama blogger mohon diarahkan menjadi blog yang bermanfaat.
Balik lagi, saya sudah merasakan untung rugi dunia ngeblog. Buat yang belum membuat blog, ada baiknya menjadi pemula dalam dunia blogger. Banyak keuntungannya, sementara ruginya gak dapat menutupi keuntungan yang kita dapatkan melalui ngeblog.
Di balik semua itu, ini hanya tulisan ringan di tengah waktu luang.

http://uploads.bizhat.com/signup.php?ref=attonk
http://klikrupiah.com/register.php?r=attonk

No comments: