Friday, March 26, 2010

1th Question : Apa itu Suka, Sayang dan Cinta ?

Sebuah kontemplasi

Suatu hari, seseorang bertanya , What are suka , sayang and cinta ? Jujur , tidak akan ada jawaban sempurna yang bisa menjelaskan secara detail apa itu suka, sayang dan cinta. Suka, sayang dan cinta adalah sebuah keabstrakan istilah yang hanya dapat dipahami dan dimengerti tanpa rangkaian kata-kata yang mampu menjelaskannya.

Berapa banyak orang yang telah mencoba menjelaskan apa itu cinta tapi tak ada satupun yang dengan memuaskan mampu memberikan arti istilah cinta. Saat membuka kamus, bahkan istilah suka, sayang dan cinta yang dimuat dalam kamus tersebut sedikit berbeda dari pemikiran tentang arti istilah abstrak ini. Lebih parahnya lagi, saat mencari terjemahannya katanya dalam bahasa Inggris, semua istilah di atas dapat diterjemahkan dalam satu kata L O V E. Apakah ini berarti bahwa kata suka, sayang dan cinta hanyalah kata-kata yang bersinonim atau memang memiliki perbedaan dalam artinya. Setiap orang hanya mampu mendefenisikan untuk dirinya sendiri. Mungkin pula untuk sebagian kecil orang lain.

Suka adalah sebuah perasaan simpati pada seseorang yang mungkin karena kesamaan-kesamaan tertentu. Saat merasa menjadi bagian dari hidup orang lain dan orang lain menjadi bagian dari hidup pribadi maka itulah makna dari kata sayang. Lebih jauh lagi, saat tanpa paksaan ada kesediaan untuk mengorbankan apa yang dimiliki untuk orang lain itu sudah menjadi arti dari kata cinta.

Memang terlalu pendek dan tentu saja subjektif tapi itulah pemahaman secara subjektif. Dalam keabstrakannya, terlalu sulit untuk membuat sebuah defenisi yang defenitif tapi lebih mudah untuk dipahami.
Mungkin ini bukan jawaban yang lengkap tetapi sejauh itulah nalarku bisa memahami ketiganya. (-.-)



2 comments:

Yudhi Gejali, dr. said...

Suka, Sayang, dan Cinta itu Beti. Beda-beda Tipis

Attonk said...

Apa batasanx untuk bisa dikatakan suka, sayang atau cinta ?