Wednesday, July 23, 2014

Habemus Presidente, Jokowi!!


Semalam KPU berdasarkan total perolehan suara telah mengumumkan bahwa pemenang dari pemilihan presiden 2014 adalah pasangan nomor urut 2, pak Joko Widodo dan pak Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden republik Indonesia untuk lima tahun ke depan. Tanpa mengenyampingkan kemungkinan adanya gugatan ke MK.
Selamat pula untuk pak Prabowo Subianto dan Pak Hatta Rajasa yang telah ikut berproses meski di akhir-akhir menjadi anti klimaks dari perjuangan. Pada hakikatnya, presiden adalah pelayan untuk seluruh rakyat Indonesia. Mungkin sudah saatnya untuk menghapus istilah pejabat yang terkesan sebagai orang yang mesti dihormati , dilayani, mendapat tempat pertama dan lain sebagainya, yang kontradiksi dengan yang seharusnya mereka lakukan.


Istilah petugas atau pelayan masyarakat akan lebih baik, karena mereka memang dipilih untuk melayani masyarakat. Bila ada hak-hak prerogatif yang mengikut , itu bukanlah pembenaran untuk menjadi jumawa seperti kebanyakan pejabat-pejabat jaman ini. Sangat menyenangkan membayangkan presiden dan wapres Indonesia itu seperti melihat perdana menteri di Inggris yang sama seperti rakyat kebanyakan, berkereta ke tempat kerja. tidak ada priviledge. Selama ini, terkesan pejabat-pejabat itu jauh. Hanya dekat saat menjelang pemilihan umum.
Seperti pidato kemenangan di Pelabuhan Sunda Kelapa kemarin, "lupakan nomor 1, lupakan nomor 2, mari kembali kepada persatuan Indonesia. Salam tiga jari" , mari kembali merajut tenun kebangsaan yang sedikit koyak oleh adanya pemilu kali ini. 

Habemus Presidente Ir Joko Widodo , selamat mengemban amanah seluruh rakyat Indonesia . Tuhan memberkati

No comments: